Mahasiswa adalah sebuah miniatur masyarakat yang memiliki ragam ide, gagasan, dan pemikiran yang penuh dengan kreatifitas dalam rangka mewujudkan Tri Darma Perguruan Tinggi: pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Mahasiswa berpijak pada ide yang sangat mengutamakan ilmu dalam memahami substansi dan pokok permasalahan apapun. Melalui ide dan gagasannya, mahasiswa lahir dan tumbuh menjadi entitas yang membawa perubahan bagi kemajuan bangsa serta menawarkan solusi pada berbagai permasalahan di negeri ini. 

Student Research Days hadir sebagai salah satu ajang kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (BEM FEB UI) sebagai wadah mahasiswa FEB UI untuk menunjukkan kemampuannya dalam bidang keilmiahan. Kali ini Student Research Days hadir sebagai momen bagi mahasiswa untuk menjadi wadah bagi proses penciptaan dan perealisasian ide-ide mahasiswa. Untuk itu, tahun ini, Student Research Days yang telah hadir ke-11 kalinya mengangkat tema “Genesis of Ideas.” Genesis memiliki makna lahir, awal, permulaan. Bersama dengan tema ini, diharapkan mahasiswa FEB UI mampu peka akan potensi dirinya untuk dapat melahirkan ide-ide inovatif. 

SRD dilaksanakan pada tanggal 22 – 27 April 2019 dan memiliki 4 cabang lomba, yaitu PKM, debat bahasa Indonesia, Essay, dan Quiz. Lomba PKM sendiri dibagi lagi menjadi 7, yaitu PKM Gagasan tertulis, PKM Artikel Ilmiah, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Kewirausahaan, PKM Penelitian, PKM Teknologi, dan PKM Karsa Cipta. Selain lomba, The 11th SRD juga memeriahkan acara dengan mengadakan Inspirational Talkshow bersama 4 senior di FEB UI yang memiliki prestasi gemilang, Workshop yang diisi oleh Pak Pribadi Setyanto tentang Alur PKM, Nicko Yosafat dan Gabriella Diyang tentang tips-tips menulis dan presentasi yang baik. Selain itu, ada pula Seminar, Awarding, dan Gala Dinner. Seminar diisi oleh para praktisi seperti Bena Kribo (Content Creator), Sarah Soeprapto (Laboratorium Ekonomi Kreatif) dan Danu Wicaksana (Direktur Utama LinkAja). Keberhasilan pelaksanaan SRD pun didukung oleh sponsor utama yaitu PT PALYJA dan beberapa Tenan makanan seperti seblak, kebab, dan thai tea yang meramaikan Bazar di Lapangan bendera FEB UI. 

SRD menghasilkan 18 pemenang dari semua bidang lomba, dan pemenang PKM di SRD akan melanjutkan submit paper mereka ke PKM tingkat UI yaitu OIM, hingga PIMNAS lewat proses Alur Pendaftaran PKM yang ditentukan oleh Kemenristekdikti.