Sarasehan Untuk Negeri atau yang biasa disingkat Seruni merupakan salah satu acara diskusi publik yang diadakan oleh Departemen Kajian dan Aksi Strategis Badan Eksekutif Mahasiswa FEB UI. Acara ini diselenggarakan di Auditorium Soeria Atmadja Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Jl. Prof. DR. Sumitro Djojohadikusumo, Kukusan, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat. Waktu dilaksanakannya Sarasehan Untuk Negeri 2019 adalah pada hari Kamis, 3 Oktober 2019 pukul 08.35-13.30 WIB. 

Sarasehan Untuk Negeri 2019 mengangkat tema utama “Public Policy Outlook: Mapping Proposal’s Efficacy”. Secara garis besar, Seruni tahun ini menyajikan pemahaman mengenai kebijakan publik yang baik melalui evaluasi kebijakan terdahulu sebagai dasar navigasi kebijakan mendatang. Oleh karena itu, Seruni 2019 mengerucutkan tema besarnya ke dalam dua sub-tema yaitu “Figuring an Ideal Policy Benchmark” dan “Navigating the Infrastructure and Human Resources Policy”. 

Acara ini akan dibagi menjadi dua rangkaian utama, yakni Sesi Seminar dan Sesi Talkshow. Sesi Seminar bertemakan “Figuring an Ideal Policy Benchmark” akan membahas dan mengulas kebijakan-kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah dari sudut pandang sosial dan politik dan berlandaskan filosofi. Sesi ini akan diisi oleh pembicara dari kalangan pemerintah pusat, daerah, dan pengamat kinerja pemerintah. Sesi berikutnya adalah Sesi Talkshow dengan tema “Navigating the Infrastructure and Human Resources Policy” yang pada intinya akan membahas tentang bagaimana langkah yang akan diambil pemerintah untuk menyelaraskan pembangunan Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur. Diskusi dalam bentuk talkshow ini diharapkan menjadi ajang bertemunya pihak pemerintah, pengamat kinerja pemerintah, dan mahasiswa melalui ajang diskusi yang terbuka.

Tokoh-tokoh besar yang akan mengisi Sesi Seminar Sarasehan Untuk Negeri 2019 antara lain:

  1. Prof. Bambang Brodjonegoro, S. E, M.U.P., P.hD, selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional,
  2. Sudirman Said, Ak., M.Sc., S.A, selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral periode 2014-2016, 
  3. Dr. Ir. Wayan Koster, M.M., selaku Gubernur Bali dan Anggota DPR RI 2004-2016.

Sedangkan Sesi Talkshow Sarasehan Untuk Negeri 2019 akan diisi oleh beberapa tokoh yaitu:

  1. Faisal Basri, S.E., M.A., selaku Peneliti Senior INDEF,
  2. Drs. Andrinof Achir Chaniago, M.Si., Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia tahun 2014-2015,
  3. Adinda Tenriangke Muchtar, Ph.D., Direktur Eksekutif The Indonesian Institute Center for Public Policy Research (TII),
  4. Azwar Anas, S.E., M.S.E., selaku Kepala Sub Bagian Ekonomi Daerah Biro Perekonomian Setda Provinsi DKI Jakarta.

Acara Sarasehan Untuk Negeri 2019 diawali dengan sambutan dari Project Officer Seruni 2019, Ketua BEM FEB UI 2019, dan Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Seruni 2019 secara resmi, yang menjadi pembuka Sesi Seminar Seruni 2019. Pemberian materi dilakukan secara bergilir, diawali dengan materi oleh Prof. Bambang Brodjonegoro, S. E, M.U.P., P.hD, kemudian oleh Sudirman Said, Ak., M.Sc., S.A, selaku Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral periode 2014-2016, dan yang terakhir oleh Dr. Ir. Wayan Koster, M.M. Sesi Seminar diakhiri dengan pemberian cindera mata kepada para pembicara. 

Sesi Talkshow dipandu oleh seorang moderator yang merupakan Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa tahun 2017 yang juga menyandang title sebagai Abang Jakarta 2018, yaitu Muhammad Syaeful Mujab. Sesi talkshow yang diisi oleh keempat pembicara yang telah disebutkan di atas diakhiri dengan sesi tanya jawab yang dibuka untuk peserta acara. Kemudian diikuti dengan pemberian cindera mata oleh pihak fakultas kepada para pembicara talkshow dan moderator. Berakhirnya sesi talkshow menjadi tanda bahwa acara Sarasehan Untuk Negeri 2019 telah selesai.