SAMSUNG CSC

Kompetisi Ekonomi, atau biasa disingkat KOMPeK, merupakan acara kompetisi dalam bidang ekonomi tingkat sekolah menengah berstandard nasional yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (BEM FEB UI). Dalam tahun yang ke-22, KOMPeK diadakan pada tanggal 2-6 Februari 2020 dengan tema “Optimizing the Leading Sectors to Amplify National Economic Resilience”. Kompetisi ini diisi oleh acara KOMPeK Gathering, KOMPeK Talkshow, KOMPeK Journey, Workshop Guru, Faculty Presentation, Competition dan juga Gala Dinner.

Tema dari Kompetisi Ekonomi 22

Indonesia perlu mengoptimalkan beberapa sektor utama negara (pangan, energi dan listrik, kelautan dan kelautan, dan industri dan pariwisata) yang telah lama menjadi elemen fundamental untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi, yang juga mewujudkan ketahanan ekonomi bangsa yang akan menjadi kuat, adil, stabil dan berkelanjutan.

Optimizing the leading sectors to amplify national economic resilience, memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran para siswa akan pentingnya mengoptimalisasi sektor-sektor unggulan untuk mewujudkan ketahanan ekonomi nasional. KOMPeK 22 berharap dapat memperluas wawasan generasi muda mengenai sektor-sektor terkemuka dan peran mereka dalam meningkatkan ekonomi nasional dan mewujudkan ketahanan ekonomi nasional, serta mengaplikasikannya dalam perlombaan yang disediakan oleh KOMPeK yaitu Economic Quiz, Business Challenge, Economic Research Paper dan Economic Debate Competition.

Berjalannya Acara

Pada tanggal 2 Februari 2020, KOMPeK Gathering dibuka dengan kata sambutan dari Satya Batubara, sebagai Project Officer Kompetisi Ekonomi 22. Dalam acara KOMPeK Gathering, peserta bertemu dengan Liaison Officer mereka untuk pertama kalinya dan mengikuti rangkaian acara yang telah dibuat oleh panitia KOMPeK 22 yang diselenggarakan di Gedung IX Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Indonesia. Acara tersebut berisi pengenalan tentang KOMPeK, bermain Kahoot! dan penampilan dari Jessica Bunga, Juara 3 FLS2N Nasional 2018. Terakhir, peserta mengikuti Technical Meeting sesuai dengan cabang lomba yang diikuti.

KOMPeK Talkshow Diisi Oleh Narasumber Inspiratif

Hari Senin tanggal 3 Februari, kompetisi belum dimulai dikarenakan peserta harus mengikuti acara KOMPeK Talkshow yang diselenggarakan di Balai Sidang Universitas Indonesia. KOMPeK Talkshow berisi pemaparan materi dalam sektor pariwisata oleh Bapak Rudy P. Siahaan, Pejabat Eselon III Kementerian Pariwisata. Lalu sektor energi oleh Bapak Mustaba Ari Suryoko, Kepala Subdit Pelayanan dan Pengawasan Usaha Aneka Energi Baru dan Energi Terbarukan.Di sektor pangan, terdapat Prof. Sulastri Surono, S.E., M.Sc., Ph.D., selaku Guru Besar FEB UI, dan yang terakhir dalam sektor maritim, KOMPeK 22 mengundang Satya Hangga Yudha Widya Putra, B.A. (Hons),M.Sc., penasihat Maritim Muda Nusantara. Narasumber hadir untuk memberikan pengetahuan dan berbagi ilmu dengan panitia dan khususnya peserta, sebelum melakukan kompetisi esok hari. Tak lupa, KOMPeK Talkshow dibuka dengan penampilan saman dari SMPIT Nur Hikmah Bekasi, dan pemukulan gong oleh Manajer Pendidikan FEB UI, Ibu Wardatul Awaliyah.

Company Visit ke Garuda Indonesia Training Center (GITC) dan Ticket.com

Setelah selesainya acara KOMPeK Talkshow, peserta melanjutkan perjalanan ke Garuda Indonesia Training Center (GITC) dan Ticket.com sebagai salah satu rangkaian acara yang wajib diikuti yaitu company visit. Perpindahan lokasi dari FEB UI menuju GITC dan Ticket.com ditemani oleh Blue Bird Group dan sampai tempat tujuan pada pukul kurang lebih 02.00 siang. Dalam company visit, peserta dapat merasakan sensasi menaiki Garuda Indonesia’s Best Cabin, Flight Simulator Garuda Indonesia, dan mengetahui perusahaan Ticket.com.

Kompetisi

Hari yang ditunggu tiba. Pada tanggal 4-6 Februari 2020, seluruh cabang lomba Kompetisi Ekonomi 22 resmi dilaksanakan. Peserta memulai perlombaan pada pukul 08.00 pagi dan mengakhirinya pada pukul 04.00 sore setiap hari. Atmosfir perlombaan sangat berasa dikarenakan persaingan yang juga ketat. Namun tetap saja ini merupakan sebuah kompetisi dimana terdapat tim yang menang dan yang kalah. Satu persatu tim mulai tereliminasi dari hari ke hari, dan pada tanggal 6 Februari, Kompetisi Ekonomi 22 menjalani babak Final untuk cabang lomba Economic Quiz dan Economic Debate Competition. Setelah melewati masa tegang dalam babak Final, kursi juara satu, dua, dan tiga setiap cabang lomba berhasil didapatkan.

Dalam cabang lomba Business Competition, juara 1 diraih oleh SMAN 1 Negara, dengan disusul oleh SMK Telkom Malang sebagai juara kedua dan MBI Amanatul Ummah (Saklusin Tim) sebagai juara ketiga. Namun, kategori Best Innovationjatuh kepada sekolah MBI Amanatul Ummah (Solen Tim).

SMAN 4 Denpasar (Tim B) menyandang juara 1 untuk cabang lomba Economic Debate Competition, dengan SMAN 1 Sidoarjo (Tim B) sebagai pemenang kedua, juga SMAK 1 Penabur Bandung sebagai juara ketiga. Untuk kategori best speaker dimenangkan oleh Yoga Nayottama dari SMAN 1 Sidoarjo.

Cabang lomba Economic Research Paper mendapatkan SMAN 1 Garut (Tim Lucyana) sebagai juara satu, dengan SMAN 3 Jakarta sebagai juara kedua dan SMAN 1 Garut (Tim Nurlita) sebagai juara ketiga. Kategori best paperdiberikan kepada SMAN 3 Jakarta dan best posterkepada SMAN 1 Garut (Tim Nurlita).

Terakhir, dalam cabang lomba Economic Quiz, MAN 2 Pekanbaru mendapatkan gelar sebagai juara satu disusul oleh SMAK 3 Penabur sebagai juara kedua dan SMAN 1 Depok sebagai juara ketiga. Untuk kategori Most Valuable Playerdiberikan kepada Ebenezer dari SMAK 3 Penabur.

Penutupan

Berakhirnya acara KOMPeK 22 disertakan dengan suasana haru pada Gala Dinner yang dilaksanakan di Millenium Hotel Sirih Jakarta, Jakarta Pusat. Para peserta saling mengucapkan selamat satu sama lain dan menjalani sisa waktu dengan mengabadikan acara KOMPeK 22 baik dengan peserta maupun Liaison Officer mereka. Begitu pula dengan panitia, haru terjadi karena acara Kompetisi Ekonomi 22 berjalan dengan sangat baik. Panitia juga berterimakasih kepada setiap sponsor dan media partner yang telah membantu acara KOMPeK 22 berlangsung. Gala dinner diisi oleh TOSLA 68 dan diakhiri dengan penayangan after movie acara Kompetisi Ekonomi 22.