UI Studentpreneurs merupakan acara tahunan mengenai entrepreneurship yang dibawahi ELD BEM FEB UI. Pada tahun ke 9, UI Studentpreneurs mengangkat sebuah tema utama yaitu “TRANSFORMING SMEs USING EMERGING TECHNOLOGY.” UI Studentpreneurs memiliki 3 rangkaian acara yang utama yaitu, CompetitionNational Seminar, dan Young Entrepreneurs Summityang dilaksanakan mulai dari tanggal 10 Februari sampai dengan 15 Februari 2020.

Menurut data yang dirilis pada tahun 2016 oleh Badan Pusat Statistika, proporsi pengusaha di sektor non-pertanian telah mencapai 3,1% dari total populasi 252 juta. Namun masih relatif rendah dibandingkan dengan negara lain.

Studentpreneurs UI, komite di bawah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, bertujuan untuk meningkatkan jumlah wirausaha di kalangan mahasiswa di Indonesia. Dengan rangkaian acara kami, kami mempersiapkan para wirausahawan muda dan masa depan untuk membangun, membina, dan meningkatkan bisnis yang lebih berkelanjutan di Indonesia.

Acara pertama dari UI Studentpreneurs adalah competitionyang mana open submissiondilakukan mulai dari tanggal 12 Oktober 2020 sampai dengan tanggal 21 Desember 2020. Dari semua peserta yang melakukan submission Business Plan, kemudian dipilih oleh juri menjadi 10 besar finalis. 10 besar finalis ini kemudian di undang untuk datang ke FEB UI, Depok untuk mengikuti seluruh rangkaian acara UI Studentpreneurs mulai dari Technical meeting, Training, dan Business Pitching.Business Pitchingmerupakan tahap akhir dalam competitiondimana seluruh 10 besar finalis mempresentasikan ide bisnis mereka dihadapan juri-juri dan juga angel investor yang kemudian oleh juri akan di tentukan pemenang dari competitionUI Studentpreneurs.

Kemudian acara UI Studentpreneurs dilanjutkan dengan National Seminarpada tanggal 13 Februari 2020. Pada National Seminarini, UI Studentpreneurs membagi menjadi 3 sesi. 

Lalu acara puncak dari UI Studentpreneurs adalah Young Entrepreneurs Summit(YES). Berbeda dengan National Seminar, pada acara puncak ini mengundang 15 tim yang sudah memiliki bisnis dan juga 10 tim finalis dari competitionuntuk melakukan Focus Group Discussiondan juga mentoring Sessiondengan 25 mentor dari 5 bidang yang berbeda seperti Salman Subakat (Marketing Director PT Paragon technology and Innovation), Andy Santoso (CFO Hijup.com), Hendy Setiono (CEO Baba Rafi Enterprise), S Binsar M Tobing (President Director PT Sentra Niaga Bersama), Jaka Arya Sakti (Human capital Development Manager Kudo), Dian Ediana (GM Customer Care Planning and Process management Telkomsel) dan mentor lainnya.

“Melalui acara ini diharapkan lahir entrepreneurs muda dengan ide bisnis yang kuat dan memberi dampak bagi bangsa dan negara,” jelas Jefri Jumadi Silaban, Project officer The 9thUI Studentpreneurs.